Posted by : junaiding Kamis, 26 Juli 2012



Pengaturan Hukum Internasional Terhadap Kegiatan Ekspor Dan Impor

Ini merupakan judul skripsi saya, dan didalamnya saya mengulas kerangka-kerangka aturan hukum internasional terhadap kegiatan ekspor dan impor, namun semuanya terlepas dari aturan nasional masing-masing negara.  Aturan- aturan hukum internasional yang menjadi dasar dari kegiatan ekspor dan impor itu diterbilkan oleh Organisasi-Organisasi internasional dengan berdasarkan hasil kesepakatan para anggotanya.

Seperti yang telah saya porting sebelumnya, tentang daftar organisasi-organisasi di seluruh dunia, disitu banyak sekali terdapat organisasi-organisasi internasional, yang memiliki bidang masing-masing dengan jumlah anggota dan cakupan kerja yang beragam. Ada yang yang hanya organisasi Bilateral, regional dan multilateral, ada juga organisasi yang berdasarkan kesamaan potensi, dan kepentingan.

Dari semua organisasi itu, saya memilah-milah untuk memilih organisasi yang mencover secara multilateral, terlepas dari aturan dari organisasi-organisasi di tingkat regional. Hasilnya saya memilih 5 organisasi internasional yang terkait erat dengan kegiatan ekspor dan impor, yakni:
  1. WTO (World Trade Organization),
  2. UNCITRAL (United nations Commission On International Trade Law),
  3. ICC (International Chamber Of Commerce),
  4. UNIDROIT (International Institute For The Unification Of Private law), dan
  5. WCO (World Customs Organization)
Pilihan saya terhadap kelima organisasi ini didasarkan pada cakupannya yang universal, dan aturan-aturan yang dihasilkan dari kesepakatan para anggota organisasi ini telah banyak dijadikan dasar dalam praktik perdagangan internasional, khususnya dalam kegiatan ekspor dan impor.

Untuk ulasan dari kelima organisasi diatas akan saya bahas di artikel selanjutnya.

Terima kasih sudah membaca, jika mau memberikan masukan dan saran, kolom komentar menanti anda.

Regards,
Jun

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Translate

Popular Post

Followers

Ada kesalahan di dalam gadget ini

- Copyright © INTERNATIONAL LAW -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -